Jumat, 02 Januari 2015

Giethoorn, Desa Tanpa Polusi Kendaraan Bermotor

Liburan Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata! Pasti sebagian dari Anda mulai merencanakan ingin berlibur ke sebuah tempat yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.
Nah, jika ingin meninggalkan kehidupan kota yang penuh kebisingan akibat suara kendaraan bermotor atau ingin menikmati liburan panjang tanpa menghirup polusi kendaraan, coba datang ke sebuah desa di Belanda yang super nyaman ini.
Desa bernama Giethoorn merupakan suatu desa yang disebut-sebut tidak memiliki jalan raya. Desa ini sangat menawarkan suasana yang bersih, nyaman, hening, dan alami karena di desa inilah berbagai jenis mobil atau motor tidak diizinkan untuk masuk.
Giethoorn tidak memiliki jalan raya selayaknya desa atau kota lainnya. Dilansir melalui situs resminya, desa yang dikenal pertama kali pada tahun 1958 ini dikelilingi oleh aliran sungai bening sebagai pengganti jalan raya. Untuk memudahkan penghuninya bepergian kemana-mana, desa ini dikelilingi kanal-kanal dan perahu sebagai alat transportasinya.
Sama halnya seperti jalan raya utama, Giethoorn juga memiliki kanal utama. Panjang kanal tersebut mencapai 7,5 km. Melalui kanal ini, wisatawan dapat terus menuju ke kanal kecil lainnya.
Di sepanjang kanal, Anda dapat menikmati keindahan deretan rumah penduduk dengan arsitektur yang sangat unik dilengkapi dengan pohon-pohon rindang yang menambah keasrian desa ini. Desa ini menjadi semakin terkenal ketika sutradara Belanda, Bert Haanstra, mengambil gambar film komedi terkenal berjudul ‘Fanfare’.
Jika Anda tergiur untuk mengunjunginya, desa unik ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Amsterdam. Nice!

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!