Senin, 19 Januari 2015

Pulau Buatan Fantastis di Dunia 5 Pulau Buatan Fantastis di Dunia

Tidak hanya Dubai yang boleh bermimpi punya pulau buatan. Melalui anak perusahaannya, Muara Wisesa Samudera, Agung Podomoro Land berusaha untuk mewujudkan mimpi bangsa Indonesia untuk mendirikan sebuah pulau buatan. Wow!
Apakah ini mimpi? Atau mimpi yang lambat laun menjadi kenyataan? Menata Jakarta agar tidak banjir saja masih belum beres tapi sudah berani mengambil ancang-ancang untuk membangun pulau buatan.
Terletak di Utara Jakarta, pulau ini nantinya akan mempunyai luas 165 hektar. Jika sudah berhasil didirikan, di pulau ini nantinya akan menjadi rumah bagi banyak proyek properti yang fantastis. Salah satunya adalah Rumah Opera ala the Opera House, Sydney yang nantinya akan diproyeksikan di tengah-tengah lahan seluas 12 ha dengan konsep central park. Ada juga pembuatan icon mercusuar yang katanya mau menyaingi Monas.
Nah, rencananya pulau ini akan selesai dibangun pada tahun 2020 dan siap untuk beroperasi dengan segala proyek propertinya yang megah. Karena sekarang tampaknya membangun pulau buatan sedang tren, di dunia ini ada juga pulau-pulau buatan lain baik yang masih konsep ataupun sudah dibangun. Ini dia 5 di antaranya,

Pulau Khazar

Pulau Khazar yang juga mempunyai nama Kepulauan Kaspian ini terletak di Selatan Baku, Azerbaijan. Menurut rencana, akan ada 41 pulau buatan dengan luas total 3.000 ha yang dikelilingi oleh Lautan Kaspian.
Proyek ambisius ditargetkan untuk dapat menampung 1 juta penduduk lengkap dengan 150 sekolah, 50 rumah sakit serta daftar lainnya macam mall, taman dan juga universitas serta pusat budaya.
Entah terwujud atau tidak, namun ada impian besar bahwa pulau ini dapat menahan kekuatan gempa 9,0 skala richter. Didirikan oleh Avesta Group yang dikepalai oleh pebisnis asal Azerbaijan Ibrahim Ibrahimov, Pulau Khazar akan menjadi pusat kehidupan baru bagi masyarakat di sekitar Laut Kaspian.

 5 Pulau Buatan Fantastis di Dunia

 Durrat Al Bahrain

Sebenarnya ada dua pulau buatan di Bahrain, Pulau Amwaj dan Durrat Al Bahrain. Akan tetapi nama terakhir yang disebut adalah pulau buatan terbesar di negara ini. Mega proyek senilai USD6 miliar ini akan mempunyai 15 pulau buatan lainnya dengan 5 pulau diantaranya berbentuk kepala ikan dan 2 lainnya berbentuk bulan sabit, sedangkan 6 lainnya adalah pulau karang.
Namanya juga negara Timur Tengah, apalagi yang ada di pulau ini kalau bukan hotel bintang 5 untuk para kaum kaya dunia. Propertinya pun tidak jauh-jauh dari hobi orang kaya seperti lapangan golf dan marina tempat bersandarnya yacht super besar.

 5 Pulau Buatan Fantastis di Dunia

 Kansai International Airport, Japan

Saat kebutuhan transportasi udara sudah bisa ditoleransi lagi, sebuah bandara di atas laut pun harus dibangun untuk memastikan aktivitas ekonomi tetap berjalan. Sebuah bangunan yang luar biasa, dimana dalam rentang waktu 3 tahun pembangunannya, Bandara Kansai telah menggali 3 gunung dengan luas 21 juat m3. Perlu bantuan 10.000 pekerja selama 10 juta jam kerja untuk menyelesaikan bangunan ini.
Pada tahun 1987, pekerjaan super berat yang seakan mustahil ini bisa dilakukan dengan semangat dan impian besar. Hasilnya selanjutnya adalah decak kagum dari seluruh dunia dan menjadi dasar pembuatan Hong Kong International Airport. Saat itu, pembuatan Kansai International Airport adalah proyek angan-angan terbesar sepanjang sejarah konstruksi manusia dengan investasi jutaan Dolar yang menghabiskan perencanaan 20 tahun.

 5 Pulau Buatan Fantastis di Dunia

 MOSE Project

Sebuah proyek dengan nama MOSE (MOdulo Sperimentale Elettromeccanico) atau (Experimental Electromechanical Module) dalam Bahasa Inggris dibangun di Venetia, Italia untuk menanggulangi banjir. Seharusnya proyek seperti ini yang didahulukan boys, terutama untuk kota Jakarta bukan? Jadi, apa kabar proyek Tanggul Garuda Raksasa nih yah?
Kembali ke MOSE, proyek ini dimulai pada tahun 2003. Pada tahun 2013, sekitar 80% dari proyek ini sudah berjalan dan pada tahun 2014 kemarin, MOSE telah berhasil melewati tes pertamanya dengan sukses.
Dengan biaya 5 miliar Euro, 78 pintu air akan menahan laju air dan dengan sistem manajemennya akan membuat kota Venesia serta jalur venesia yang terkenal itu tetap indah dan terhindar dari banjir yang merusak.

 5 Pulau Buatan Fantastis di Dunia

 Pulau Danube, Austria

Pulau yang satu ini unik karena berbentuk sangat panjang dan cukup langsung, didirikan di sepanjang Sungai Danube. Pulau ini cukup humble dan modest karena dijadikan sebagai rumah bagi sejumlah club, bar serta restoran. Danube juga sering dijadikan sebagai tempat pagelaran festival musik.
Karena diadakan di atas pulau yang khusus, maka pagelaran musik di Danube disebut “Rock the Island”. Sebuah metafora yang sangat cocok. Seru juga nih boys jika Anda sempat berkunjung ke Austria dan menikmati sentuhan musik khas Austria di tempat ini.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!